Sabtu, 04 Agustus 2018

Decision Making of Nutrorim


Pembuatan Keputusan (Decision Making) - Studi Kasus HBR
(Kasus ini berbentuk fiksi, memberikan dilema manajerial umum/biasa dan menawarkan solusi kongkrit dari para ahli)

Oleh: David A. Garvin
(dgarvin@hbs.edu) adalah Profesor C. Roland Christensen bagian Administrasi Bisnis Harvard Business School di Boston.


SEMUA LANGKAH SALAH

Suplemen olahraga yang laris manis milik Nutrorim ditarik kembali karena sebuah unsur "baru dan lebih baik" yang terkandung di dalamnya. CEO perusahaan tersebut bertanya-tanya: Mengapa keputusan yang kami buat terus saja menjadi bumerang bagi kami?


Langit Januari yang dingin berwarna kelabu di atas Minneapolis ketika Don Rifkin bangun. Semua sel dalam tubuhnya sangat ingin menarik selimut ke atas kepalanya dan kembali tidur, tapi suara alarmnya seperti membubuhkan garam pada luka. Setelah mematikan alarm dan menarik mantel mandi Turkinya yang kebesaran, ia bangkit dari tempat tidur dan pelan-pelan menutup pintu kamar di belakangnya, membiarkan istrinya tetap tidur. Ia melangkah menuju dapur dan menyalakan mesin pembuat kopi.
Duduk menghadap meja dapur, sembari masih mengantuk Don menekan beberapa tombol di laptopnya dan mulai melihat-lihat ruang perbincangan saham yang menjadi favoritnya. Membaca sekilas daftar para pengirim, ia melihat titik eklamasi merah disamping nama Stan dengan headline "Kabar Buruk!". Ketika ia membaca isinya, Don terkejut:
Apa kalian sudah dengar kalau Wally Cumming baru saja mengundurkan diri dari Dipensit? Ternyata ia berbohong dalam data dirinya - dia tidak pernah mendapatkan gelar PhD U.C. Berkeley seperti yang pernah dikatakannya! Saham akan turun dengan cepat begitu hal ini sampai di jalanan.
Don merasa sedikit tidak nyaman. Setahun yang lalu, perusahaannya, Nutrorim, telah membeli sejumlah saham Dipensit. "Ya ampun, aku benar-benar tidak percaya pada orang itu," gerutunya.
Ia mengingat kembali bagaimana lancarnya proses pengambilan keputusan itu berjalan ketika Laurence Wiseman, CFO Nutrorim yang susah dikendalikan, telah memenangkan sejumlah saham Dipensit, berkeras bahwa perusahaan kecil tersebut bisa menjadi kandidat akuisisi yang bagus sekali di masa depan. Sebuah komite kecil telah dibentuk untuk menilai dengan seksama keputusan pembelian tersebut. Don samar-samar ingat saat itu ada beberapa gosip terkait - seseorang bahkan mempertanyakan surat mandat Cumming, CEO perusahaan baru tsb. Tetapi pada akhirnya, komite kecil tersebut mengeluarkan pernyataannya, dan tim senior berdiri di belakang keputusan tersebut.
Don merapatkan mantel mandinya lebih ketat. Selama setahun terakhir, Nutrorim telah menanggung akibat dari pengambilan keputusan yang salah tersebut. Dan sebenarnya, hal itulah yang akan dibahas dalam rapat/pertemuan hari ini. Seorang konsultan, yang disewa untuk menilai kembali proses pengambilan keputusan perusahaan tersebut, telah tiba pagi itu untuk mempresentasikan hasil dari wawancara individualnya dengan para manajer senior.

Demi kepuasan semua orang?
Musim semi yang lalu, Nutrorim sedang berada di puncak kejayaannya. Ditemukan pada tahun 1986 oleh seorang petani organik dan istrinya, perusahaan tersebut telah menjual produknya melalui jaringan distributor individual, sebelum Don bergabung sebagai CEO pada tahun 1989. Terimakasih pada serangkaian testimoni yang diberikan oleh para dokter dan personal trainer, produk Nutrorim mendapatkan perhatian nasional. Kemudian, diikuti oleh dukungan dari seorang atlit Olimpiade yang terkenal, penjualan ChargeUp, bubuk suplemen peningkat stamina organik perusahaan tersebut, melambung sangat tinggi. Dan hasilnya, Nutrorim mempekerjakan ratusan pegawai baru, memperluas fasilitas produksinya, dan diperoleh dua vitamin tetap yang utama. Setelah go-public pada tahun 1997, perusahaan tersebut memperluas distribusi ChargeUp melalui kesepakatan eksklusif dengan toko-toko nutrisi dan klub-klub atletik, dan pada tahun 2002, ChargeUp telah menjadi bubuk olahraga peningkat stamina dengan penjualan terbaik di pasaran.
Tahun berikutnya, ketika versi baru ChargeUp telah mencapai tingkat perkembangan optimalnya, Don dan kepala Riset & Pengembangan (R&D), Steve Ford, mengenakan jubah putih dan memasuki laboratorium perusahaan yang sangat luas,  bersinar oleh krom dan lantai yang putih. Mereka melangkah melewati sebuah meja stainless steel dimana para teknisi menggiling biji-bijian dan mencampurkan semua kandungan organik yang membentuk sejumlah variasi vitamin dan suplemen pendukung milik Nutrorim.
"Hai Darlene, apa kabarmu?" Don melambai pada seorang teknisi yang mengenakan sarung tangan, penutup kepala, dan masker wajah, dan sedang mendorong sebuah gerobak menuruni gang. Meskipun ia hanya bisa dikenali dari kacamata bergagang walnutnya, Darlene tersenyum - Don bisa melihatnya dari kerutan di sekitar matanya - dan menjawab, "Baik boss, terima kasih."
Don senang berada di lab. Meskipun ia seorang manajer dan bukan peneliti, ia adalah seorang mahasiswa mikrobiologi yang antusias; setiap hari, ia mempelajari sesuatu yang baru mengenai kelebihan-kelebihan nutrisional dari produk-produk Nutrorim. Ia juga sangat percaya pada manajemen yang sedang berjalan. Sejak awal, ia berusaha keras untuk mengembangkan budaya bahagia, partisipatif dan demokratis di Nutrorim. Hal tersebut relatif mudah, karena kebanyakan pegawai perusahaan tersebut berasal dari daerah Minneapolis, dimana "Penduduk Minnesota ramah" sudah menjadi hukum tak tertulis. Hal itu sebagian juga karena ketika Don baru lulus dari sekolah bisnisnya, ia memiliki pengalaman buruk ketika bertemu dengan bossnya, seorang CEO jaringan ritel yang diktator.
Tentu saja, ada pengecualian pada Minesota ramah, terutama diantara mereka yang bertipe lebih kompetitif dan analisanya lebih tinggi di tingkat manajemen yang lebih tinggi. Ford Wiseman dan sekelompok yang lain cenderung untuk membentuk opini yang kuat dan mendorong mereka dengan agresif. Dan sementara itu Don juga memiliki opininya sendiri - ia berusaha keras untuk menjaga agar proses pengambilan keputusan di perusahaan tersebut tetap terbuka dan demokratis, dan memastikan untuk meminta masukan dari sebanyak mungkin orang.
Steve berhenti di sebuah meja di mana seorang teknisi sedang mencampurkan bubuk berwarna rasberi dari dua tabung besar ke dalam dua pemanas air. "Hai Jerri, keberatan jika Don melakukan tes rasa dengan mata tertutup?" Tanyanya.
"Tidak sama sekali, itu merupakan sebuah kehormatan," jawab Jerri, menuangkan sejumlah cairan dari sebuah pemanas ke dalam dua buah cangkir.
"Tutup matamu," kata Steve. Don menuruti lalu Steve memberikan salah satu cangkir padanya. "Minumlah."
Setelah mengecap dari cangkir pertama, Don mengenali rasa yang familiar dari ChargeUp. Baunya merupakan kombinasi dari rasberi kering, rumput yang baru dipotong, dan roti panggang yang sedang dibakar.
"Ini, minum segelas air sebelum kau melanjutkan yang kedua," kata Steve. Don minum sedikit, kemudian mencicipi cangkir kedua.
"Jadi?" Tanya Steve.
"Tidak ada perbedaan." Don membuka matanya lalu menoleh ke arah Steve.
"Itulah yang ingin kami dengar," kata Steve. "Satu-satunya perbedaan adalah bahwa di cangkir yang kedua terkandung Lipitrene di dalamnya."
"Ah," kata Don. Lipitrene, yang dikembangkan di lab Nutrorim, merupakan sebuah kombinasi baru dari minyak organik dan biji-bijian yang bisa meningkatkan pembakaran lemak. Steve merasa bangga terhadap kandungan baru ini seperti seorang ayah baru.
"Kami telah menyelesaikan semua tes, dan sekarang kami mengumpulkan input final dari rasanya," kata Steve, matanya bersinar. "Penyerahterimaan pemasaran dan penjualannya juga telah siap." Ia berhenti sebentar. "Bahkan sebenarnya, aku diundang pada pertemuan penjualan produk jam 02:00 ini. Apa kau bisa ikut ke sana?"
"Aku akan hadir," jawab Don, "meskipun hanya semenit."
***
Pertemuan itu berjalan cukup damai. Cyntia Pollington, manajer pemasaran produk, mempresentasikan dua desain akhir untuk kemasan kaleng ChargeUp yang baru, dimana semuanya terdapat "Sekarang dengan Lipotrene" tertera besar-besar, dengan huruf timbul. Ia meminta semua orang untuk memberikan pendapat. Dan akhirnya, mayoritas - termasuk Steve dan Don - menyukai label dengan huruf berwarna emas. Tetapi ketika Nora Stern, seorang pengusaha pendahulu yang pernah dipekerjakan Nutrorim di tahun awalnya berdiri, ditanyakan pendapatnya, ia merasa keberatan.
"Apakah aku harus ikut memilih?" Tanyanya.
"Yah, kami ingin mendengar pendapatmu," kata Cynthia.
"Baiklah, begini," respon Nora. "Aku tahu bahwa semua hal ini telah selesai dikerjakan, tetapi aku tidak mengerti mengapa perlu kebutuhan yang sangat besar untuk memperbaiki/meningkatkan ChargeUp. Ia sudah terjual dengan sangat baik sebelumnya. Mengapa harus memperbaiki sesuatu yang tidak rusak?"
Steve membalas, "Nora, kau tidak tahu apa yang kau bicarakan." Semua orang melihat ke arah Steve; suasana sangat hening.
Don menyela, merasa perlu untuk mengembalikan kedamaian. "Begini saja, Nora dan Steve. Mari kita selesaikan ini secara terpisah, ok?"

Penarikan kembali
Di akhir September, di akhir kwartal pertama, penjualan ChargeUp dengan Lipotrene melompati 20% dari standar produk pada uji pasar Minneapolis yang lebih luas. Rencana peluncuran ke sepenjuru negara bagian, dan diikuti dengan secara nasional, telah disiapkan dengan baik. Don merasa puas. Pada setiap rapat staff, ia meminta Steve dan tim ChargeUp untuk berdiri agar dikenali. "Kalian semua telah menunjukkan semangat gung-ho yang membuat Nutrorim menjadi pemimpin," katanya, mengangguk kepada Steve sementara para peserta riuh bertepuk tangan.
***
Sebuah telepon masuk pada tanggal 5 Oktober. "Mr. Rifkin?" Terdengar suara seorang pria. "Nama saya Matthew Norton, dan saya adalah penyelidik dari departemen kesehatan negara bagian Minnesota. Saya menelpon karena kami menginvestigasi 11 kasus penderita gastrointestinal diantara orang-orang yang menggunakan suplemen ChargeUp dengan Lipitrene milik anda."
"Apa? Apakah anda yakin?"
"Sayangnya, iya," jawab penyeldik tersebut. "Kelompok yang menderita semuanya anggota dari Gym Syd, dan mereka semua ingat menggunakan produk tersebut antara tanggal 25 hingga 29 September. Umur para penderita antara 19 hingga 55 tahun."
Don merasa darah terkuras habis dari wajahnya. "Apakah anda meminta kami untuk menarik kembali produk tersebut?"
"Saya tidak punya otoritas seperti itu- juga bukti-untuk membuatmu melakukan hal itu. Jadi untuk sementara, sederhananya saya minta kerjasama anda dalam pelaksanaan penyelidikan. Saya mengerti bahwa distribusinya masih terbatas di area Kota Kembar, apakah benar?"
"Ya."
"Untunglah. Sementara ini, mungkin anda bisa mempertimbangkan sebuah penarikan secara sukarela," katanya sebelum memutus telepon.
Don meminta asistennya untuk mempersiapkan rapat darurat dengan kepala PR (Humas), penjualan, R&D (Riset & Pengembangan), Suplemen Olahraga, dan pengacara.
Ketika ia menjelaskan pembicaraannya dengan si penyelidik kepada tim tersebut, wajah direktur PR, June Rotenberg, nampak semakin suram. Ketika Don selesai, ia angkat bicara. "Aku baru mengecek surat suaraku," katanya. "Ini adalah Linda Dervis dari KXAQ radio. Salah satu orang yang sakit pasti sudah menghubunginya." Ia memandang ke seputar ruangan. "Rekan-rekan, begitu berita ini menjadi hit, semua akan meluncur turun dengan cepat."
Jerry Garber, konsul umum, ikut bicara. "Saya kira kita tidak punya pilihan lain selain menarik ChargeUp dari rak penjualan," katanya. "Jika kita tidak melakukannya, maka kita akan mengahadapi penuntutan hukum. Berbicara tentang masalah humas..."
"Mengapa kita harus mempertimbangkan penarikan kembali?" Tanya Ned Horst, yang mengepalai divisi Suplemen Olahraga. "Tidak ada yang salah dengan produknya. Aku tahu itu, karena aku sudah mengkonsumsinya sejak ia pertama kali keluar."
"Aku kira kau benar," tambah Jerry. "Dan penarikan kembali akan membebani kita."
"Yah, syukurnya kita belum memperluas distribusi," kata Don.
"Penarikan kembali itu mahal," kata June. "Tetapi dalam situasi seperti ini, saya sependapat dengan Jerry. Selain itu, pikirkan juga biaya dari tidak menarik kembali produk yang buruk."
"Ya ampun, kalian ini, tidak mungkin ChargeUp itu tidak aman!" Seru Steve, tangannya memukul meja konfrensi. "Kami telah menguji Lipitrene selama dua tahun penuh. Kami melakukan semua uji toksin pada hewan dan relawan. Lalu kami juga melakukan uji klinis pada manusia." Ia menatap June dengan tajam. "Jika kau ingin aku membela ChargeUp di hadapan depertemen kesehatan, para reporter, dan yang lainnya, aku punya 500.000 halaman dokumentasi yang bisa kuperlihatkan pada mereka."
"Tentu saja kami semua percaya padamu, Steve," jawab June, "tetapi respon semacam itu akan terlihat seperti membela diri, dan itu bisa berbalik melawan kita." Ia terlihat memohon kepada Don. "Saya sudah membuat konsep press release yang mengatakan bahwa kita akan bekerjasama penuh dengan investigasi apa pun, tetapi itu saja tidak cukup. Publik akan terus mengingat bagaimana sebuah krisis ditangani, lebih daripada mengingat krisis itu sendiri. Masyarakat hanya akan ingat berapa lama waktu yang kita butuhkan untuk bertindak."
Tiba-tiba semua orang mulai berbicara bersamaan.
***
Segera buat Keputusan!
"Hai Nora," kata Steve sarkastis, melambai padanya setelah rapat dibubarkan, "selamat atas kesukarelawanannya. Pertunjukkan hebat."
Don yang sedang berbicara dengan manajer yang lain, berlagak tidak mendengar. Beberapa menit kemudian, ia melangkah menuju kantor Nora dan mengetuk pintunya. "Bisa bicara sebentar?" Tanyanya sambil melongokkan kepala di pintu.
Nora mengangguk, lalu Don bersandar di pojokan mejanya. "Kau tampak tidak begitu senang dengan hal ini," kata Don lembut.
"Memang tidak," kata Nora, jelas terlihat kesal. "Saat ini saya benar-benar terkubur dalam peluncuran produk, dan saya masih punya hal lain untuk dikerjakan. Dan jujur saja," lanjutnya, "Saya sudah capek dengan semua pusat-pandangan omong-kosong ini."
"Yah, aku memilihmu karena kau tampaknya bisa menahan diri dalam rapat manajemen senior," jawab Don, berusaha sebisanya untuk berkata lembut. "Kau tahu, permasalahan ChargeUp memberikan kita kesempatan yang sebenarnya untuk memperbaiki apa yang rusak. Kau datang dari luar perusahaan, dan kau memiliki ide-ide yang cerdas dan segar. Aku pikir kau orang yang tepat untuk membawa permasalahan ini hingga ke akarnya."
"Begini Don, aku menghargai hal itu, dan aku sepenuhnya bersimpati dengan apa yang sedang kau coba lakukan. Tetapi aku berasal dari perusahaan dimana semua keputusan diambil di dalam ruangan. Tidak mengijinkan seorang pun untuk pergi sebelum keputusan diambil. Di sini, tampaknya semua hal diperdebatkan." Ia menghela nafas. "Kau tahu, komite konsultan pengendali ini hanya merupakan satu lagi bukti tentang apa yang salah. Sejak aku datang ke sini, aku telah berada dalam begitu banyak rapat tentang rapat."
Nora merapatkan bibirnya. "Mungkin sudah waktunya bagimu untuk mengambil pendekatan yang lebih diktatorial dalam mengambil keputusan."

Apa proses pengambilan keputusan yang terbaik untuk Nutrorim?
Keempat komentator berikut akan memberikan saran ahlinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar